Kamis, 27 Maret 2014

Mengenal Tokoh-Tokoh "Ulama" Wahabi

NAMA TOKOH “ULAMA” WAHABI
Secara umum, tokoh utama “Ulama” Wahabi adalah “Ulama” yang berdomisili di Arab Saudi dan menduduki posisi jabatan resmi tertentu di Kerajaan atau di Universitas-Universitas Arab Saudi seperti Ummul Qura, Universitas Islam Madinah, Universitas Ibnu Saud, dll.

Generasi Muda Aswaja perlu mengetahui ini agar tidak salah dalam mengutip pendapat mereka baik yang berbahasa Arab maupun Indonesia. Karena, banyak sekali buku-buku mereka yang diterbitkan dan diterjemahkan di Indonesia.


CIRI KHAS “ULAMA” WAHABI
  • Kata kunci dan tema sentral dari fatwa para “Ulama” Wahabi berkisar pada (a) bid'ah; (b) syirik; (c) kufur; (d) syiah rafidlah kepada kelompok Islam atau muslim lain yang tidak searah dengan mereka. Kita akan sering menemukan salah satu dari empat kata itu dalam setiap fatwa mereka.



  • Dalam memberi fatwa, tokoh utama “Ulama” Wahabi akan langsung berijtihad sendiri dengan mengutip ayat dan hadits yang mendukung. Atau, kalau mengutip fatwa ulama, mereka akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu Taimiyah atau Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah. Selanjutnya, mereka akan membuat fatwa sendiri yang kemudian akan menjadi dalil para pengikut Wahabi. Dengan kata lain, pengikut Wahabi hanya mau bertaklid buta pada “Ulama” Wahabi. 


  • Tokoh atau “Ulama” Wahabi level kedua ke bawah akan cenderung menjadikan fatwa tokoh Salafi level pertama sebagai salah satu rujukan utama. Atau kalau tidak, akan memberi fatwa yang segaris dengan “Ulama” Wahabi level pertama.


  • Kalangan “Ulama” atau tokoh Wahabi tidak suka atau sangat jarang mengutip pendapat ulama salaf seperti Ulama Madzhab Empat dan yang lain kecuali madzhab Hanbali yang merupakan tempat rujukan asal mereka dalam bidang fiqih walaupun tidak mereka akui secara jelas. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip untuk pendapat “ulama” di atasnya Muhammad bin Abdul Wahhab terutama dalam bidang yang menyangkut aqidah.


  • Di mata “Ulama” Wahabi, perayaan keislaman yang boleh dilakukan hanyalah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Sedangkan perayaan yang lain seperti maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam dianggap haram dan bid'ah.


  • Gerakan-gerakan atau organisasi Islam yang di luar Wahabi atau yang tidak segaris dengan manhaj (aturan standar ideologi) Wahabi akan mendapat label syirik, kufur atau bid'ah.


  • Semua lulusan universitas Arab Saudi dan afiliasinya adalah kader Wahabi, sampai terbukti sebaliknya.


  • Pengikut Wahabi tidak mau taklid (mengikuti pendapat) ulama salaf (klasik) dan khalaf (kontemporer), tapi mereka dengan senang hati taklid kepada pendapat dan fatwa “ulama-ulama” Wahabi, atau fatwa-fatwa yang dikeluarkan oleh Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) dan lembaga serta “ulama-ulama” yang menjadi anggota Hai'ah Kibaril Ulama (هيئة كبار العلماء)  yang nama lengkapnya adalah Ar-Riasah al-Ammah lil Buhuts wal Ifta' (الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء).


  • Pengikut Wahabi sangat menghormati ulama-ulama mereka dan selalu menyebut para ulama Wahabi dengan awalan Syekh dan kadang diakhiri dengan Rahimahullah atau Hafidzahullah; seperti menyebut Syeikh Utsaimin rahimahullah, Syeikh Bin Baz hafidzahullah, dll. Tapi, menyebut ulama-ulama selain Wahabi cukup dengan memanggil namanya saja.


“Ulama” Wahabi utama (kecuali Nashiruddin Albani yang asli Albania) mayoritas berasal dari Arab Saudi dan bertempat tinggal di Arab Saudi. Oleh karena itu, mereka umumnya memakai baju tradisional khas Arab Saudi yaitu (a) gamis/jubah warna putih (b) surban merah (c) surban putih (d) maslah yaitu jubah luar tanpa kancing warna hitam atau coklat yang biasa dipakai raja.

Oleh karena itu, saat kita membaca sebuah tulisan baik di buku, kitab maupun browsing di internet, sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui bahwa mana tulisan yang merujuk kepada fatwa ulama aswaja dan mana yang merujuk pada fatwa yang berasal dari Wahabi. Sayangnya, tidak sedikit dari kalangan awam yang terkadang tidak sadar bahwa fatwa agama dalam buku atau situs internet yang mereka baca berasal dari fatwa Wahabi.

Intinya, cara termudah mengetahui apakah seorang ulama, ustadz atau tokoh agama atau orang awam itu berfaham Wahabi atau bukan adalah dari (a) latar belakang pendidikannya; (b) buku atau kitab yang dikutip; dan (c) cara memanggil ulama Wahabi dan ulama Non-Wahabi.


TOKOH UTAMA “ULAMA” WAHABI

1) Muhammad bin Abdul Wahhab (1115 H - 1206 H/1701 - 1793 M)

 Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
 - Pendiri dan pelopor gerakan Salafi-Wahabi.
 - Mufti Kerajaan Arab Saudi.

Kitab karya Muhammad bin Abdul Wahab:
 1. رسائل العقيدة
 2. كتاب الكبائر
 3. مختصر الإنصاف والشرح الكبير
 4. أربع قواعد تدور الأحكام عليها ويليها نبذة في اتباع النصوص مع احترام العلماء
 5. مبحث الإجتهاد والخلاف
 6. كتاب الطهارة
 7. شروط الصلاة وأركانها وواجباتها
 8. كتاب آداب المشي إلى الصلاة
 9. أحكام تمني الموت
 10. مختصر سيرة الرسول صلى الله عليه وسلم
 11. فتاوى ومسائل
 12. تفسير آيات من القرآن الكريم
 13. كتاب فضائل القرآن
 14. مختصر زاد المعاد
 15. الرسائل الشخصية
 16. مختصر تفسير سورة الأنفال
 17. بعض فوائد صلح الحديبية
 18. رسالة في الرد على الرافضة
 19. الخطب المنبرية
 20. قسم الحديث
 21. المسائل التي لخصها محمد بن عبد الوهاب من كلام شيخ الإسلام ابن تيمية


2) Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (1330 H - 1420 H / 1910 M - 1999 M)

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
 - Qadhi (Hakim) di daerah al-Kharaj semenjak tahun 1357-1371 H,
 - Tahun 1390 H - 1395 H Rektor Universitas Islam Madinah.
 - tahun 1414 H Mufti Umum Kerajaan.

Kitab atau buku karya tulis Bin Baz:
 1. الأدلة ال؃اشفة لأخطاء بعض الكتاب
 2. الأدلة النقلية والحسية على إمكان الصعود إلى الكواكب وعلى جريان الشمس وسكون الأرض
 3. إقامة البراهين على حكم من استغاث بغير الله أو صدق الكهنة والعرافين
 4. الإمام محمد بن عبد الوهاب: دعوته وسيرته
 5. بيان معنى كلمة لا إله إلا الله
 6. التحقيق والإيضاح لكثير من مسائل الحج والعمرة والزيارة على ضوء الكتاب والسنة
 7. تنبيهات هامة على ما كتبه محمد علي الصابوني في صفات الله عز وجل
 8. العقيدة الصحيحة وما يضادها
 9. الدعوة إلى الله
 10. تنبيه هام على كذب الوصية المنسوبة إلى الشيخ أحمد
 11. وجوب العمل بالسنة وكفر من أنكرها
 12. الدعوة إلى الله سبحانه وأخلاق الدعاة


3) Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin (1347 H - 1421 H)

Al Utsaimin adalah pakar fiqih-nya kalangan Wahabi. Banyak persoalan hukum baru yang difatwakan olehnya.

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
 - Imam masjid jami’ al Kabir Unaizaih
 - Mengajar di perpustakaan nasional Unaizah
 - Dosen fakultas syariah dan fakultas ushuluddin cabang Universitas Islam Imam Muhammad bin saud di Qasim,

Kitab atau buku karya tulis Al-Utsaimin:
 1. أصول في التفسير
 2. شرح مقدمة التفسير
 3. تفسير القرآن الكريم
 4. مجموع الفتاوى
 5. الشرح الممتع
 6. القول المفيد في شرح كتاب التوحيد
 7. الإبداع في كمال الشرع وخطر الابتداع
 8. رسالة الحجاب
 9. زاد الداعية إلى الله
 10. شرح الأصول الستة
 11. شرح العقيدة الواسطية (شرح مطول)
 12. الضياء اللامع من الخطب الجوامع
 13. عقيدة أهل السنة والجماعة
 14. فتح رب البرية بت؄خيص الحموية
 15. من مشكلات الشباب
 16. المنتقى من فرائد الفوائد17
 17. منظومة في أصول الفقه وقواعده
 18. المنهج لمريد العمرة والحج
 19. سؤال وجواب من برنامج نور على الدرب
 20. شرح أصول الإيمان
 21. مجموعة أسئلة في بيع وشراء الذهب


4) Muhammad Nashiruddin Al-Albani (1333 H - 1420 H/1914 M - 1999 M)

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
 - Tahun 1381 - 1383 H: Dosen Hadits Universitas Islam Madinah

Kitab atau buku karya tulis Al-Albani:
 1. سلسلة الأحاديث الصحيحة
 2. سلسلة الأحاديث الضعيفة
 3. صحيح الترغيب والترهيب
 4. ضعيف الترغيب والترهيب
 5. صحيح وضعيف الأدب المفرد
 6. ظلال الجنه في تخريج السنة
 7. سنن أبي داود
 8. جامع الترمذي
 9. ضعيف سنن الترمذي
 10. صحيح سنن ابن ماجة
 11. ضعيف سنن ابن ماجة


5) Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan (1345 H - )

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
 - Dosen Institut Pendidikan Riyad
 - Dosen Fakultas Syari'ah, Fakultas Ushulud Dien, Mahkamah Syariah
 - Anggota Lajnah Daimah lil Buhuts wal Ifta' (Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa).
 - Anggota Haiah Kibaril Ulama' dan Komite Fiqh Rabithah Alam Islamiy di Mekkah
 - Anggota Komite Pengawas Du'at Haji
 - Ketua Lajnah Daimah lil buhuts wal ifta'.
 - Imam, Khatib dan Pengajar di Masjid Pangeran Mut'ib bin Abdil Aziz di Al Malzar.

Kitab atau buku karya tulis Al-Fauzan:
 1. المنتقى من فتاوى الفوزان
 2. شرح لمعة الإعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
 موفق الدين عبد الله بن قدامة
 3. الملخص في شرح كتاب التوحيد
 4. التعليق المختصر على القصيدة النونية
 الإمام ابن قيم الجوزية


6) Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin (1933-2009 M / 1353 - 1430 H).

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi
 - Asisten Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
 - Anggota tetap majlis riset dan fatwa Arab Saudi
 - Dosen syariah dan ushuluddin di Arab Saudi

Kitab atau buku karya tulis Ibnu Jibrin:
 1. شرح أصول السنة لإمام أهل السنة أبي عبد الله أحمد بن محمد بن حنبل رحمه الله تعالى
 2. فضل الصحابة وذم من عاداهم
 3. الإرشاد شرح لمعة الاعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
 4. الكنز الثمين
 5. أخبار الآحاد
 6. الثمرات الجنية شرح المنظومة البيقونية
 7. حوار رمضاني
 8. سبعون مخالفة تقع فيها النساء
 9. فوائد من شرح منار السبيل
 10. إبهاج المؤمنين بشرح منهج السالكين وتوضيح الفقه في الدين


NAMA ANGGOTA KIBAR AL-ULAMA LIL-BUHUTS WAL-IFTA' ARAB SAUDI

Lembaga pemberi fatwa resmi Arab Saudi bernama Hai'ah Kibar-ul Ulama (lengkapnya, الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء) yang anggotanya terdiri dari ulama senior Arab Saudi yang dipilih oleh kerajaan. Mereka adalah termasuk dedengkot dan tokoh Wahabi. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:

 1. Abdul-`Aziz ibn `Abdullah ibn Muhammad Alu Al-Shaikh (ketua mufti saat ini)
 2. Abdul-Razzaq ibn `Afify ibn `Atiyyah
 3. Abdullah ibn Qa`ud
 4. Ibrahim ibn Muhammad Al Al-Shaykh
 5. Abdullah ibn Ghudayyan
 6. Salih ibn Fawzan Al-Fawzan
 7. Bakr ibn `Abdullah Abu Zayd
 8. Abdullah ibn Mani`
 9. Ahmad ibn `Aly ibn Ahmad Sayr Al-Mubaraky
 10. Abdullah ibn Muhammad Al-Mutallaq
 11. Abdullah ibn Muhammad ibn Sa`d Al Khanin
 12. Sa`d ibn Nasir ibn `Abdul-Aziz Abu Habib Al-Shatry
 13. Muhammad ibn Hasan Al Al-Shaykh
 14. Abdul-Karim Al-Khudir


NAMA ANGGOTA LAJNAH DAIMAH WAL IFTA' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) ARAB SAUDI

“Ulama” yang tergabung dalam Lajnah Daimah wal Ifta' adalah “ulama” berpengaruh di Arab Saudi. Dan tentu saja semua dari mereka beraliran Wahabi. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:
 1. Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad Alu Al-Syaikh (Ketua)
 2. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan
 3. Ahmad bin Ali bin Sair Al-Mubaraki.
 4. Abdul Karim bin Abdullah Al-Khidir.
 5. Muhammad bin Hasan Al-Syaikh
 6. Abdullah bin Muhammad bin Khunain.
 7. Abdullah bin Muhammad Al-Mutlak


GERAKAN WAHABI DI INDONESIA
Gerakan Wahabi di Indoensia terbagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama, orang-orang yang menerima dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab, namun melakukan usaha modifikasi, baik sedikit, separuhnya, atau sebagian besarnya. Ciri utama mereka adalah modifikasi pesan dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab.

Kelompok Pertama ini disebut Neo-Wahabi. Organisasi masyarakat di Indonesia yang masuk dalam kategori kelompok neo-Wahabi pertama adalah Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis). Pada tahun 1980-an dan 1990-an muncul gelombang baru neo-Wahabi yaitu kelompok tarbiyah yang kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Salafi Jihadi yang berada dalam lingkaran Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Baasyir serta murid-murid mereka berdua. Neo-Wahabi kedua ini merupakan hasil usaha kampanye program-program yang dilakukan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) yang dimulai pada dekade 1970-an.

Khusus tentang Salafi Jihadi (the Jihadist) dikenallah istilah alumni Afghanistan yakni mereka yang pernah ikut berperang di Afghanistan melawan Uni Soviet. Di bawah pengaruh Abu Bakar Baasyir dan Abdullah Sungkar sebagian alumni Afghanistan ini muncul gerakan neo-Khawarij yang mengafirkan orang-orang di luar mereka—termasuk pemerintah Indonesia—dan menyebarkan kebencian terhadap pihak penguasa di Indonesia. Dari kelompok ini sebagian teroris pengeboman berasal.

KELOMPOK KEDUA: WAHABI MURNI.
Yaitu orang-orang yang merespon positif dakwah tersebut dan menerima secara bulat tanpa usaha memodifikasinya. Mereka menerima dakwah dan berusaha menyebarkannya di lingkungan-lingkungan mereka.

 Yayasan Al-Muntada didirikan oleh Muhammad bin Surur bin Nayef Zainal Abidin. di London dan Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah didirikan oleh Abdurrahman Abdul Khaliq di Kuwait adalah kelompok baru neo-Wahabi. Di Indonesia Yayasan As-Shafwah yang dipimpin oleh Abu Bakar M. Altway dan Yayasan Al-Haramain adalah cabang dari kedua yayasan yang berpusat di London dan Kuwait tersebut.

Tokoh dai terkenal dari yayasan Al-Haramain adalah Abdul Hakim Abdat di Jakarta, Yazid bin Abdil Qadir Jawwas di Bogor, Ainul Harits di Jawa Timur dan Abu Haidar di Bandung.

Sedang Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah juga memiliki cabang di Indonesia. Mereka mendirikan pesantren-pesantren yang tersebar di Jawa, seperti Ma’had Jamilurrahman dan Islamic Centre Bin Baaz di Yogyakarta, Ma’had Al-Furqan di Gresik dan Ma’had Imam Bukhari di Solo.
Mereka yang berasal dari kedua yayasan tersebut disebut Sururi.

SALAFI YAMANI

Yaitu kalangan yang pernah menjadi murid dari Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i pengasuh Ma’had Darul Hadits di daerah Dammaj, Sha’dah, Yaman. Forum Komunikasi Ahlus Sunnah wal Jamaah (FKAWJ) yang menaungi Laskar Jihad Ja’far Umar Thalib didirikan oleh kelompok Salafi Yaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar